Selasa, 23 Agustus 2011

MACAM-MACAM PENYAKIT PADA JAGUNG




Penyakit Bulai (Downy Mildew)

Disebabkan oleh cendawan Sclerospora maydis. Penyakit bulai meyebabkan kerugian paling besar dalam budidaya jagung. Akibat serangan penyakit bulai, tanaman tidak dapat tumbuh dan berproduksi lagi. Penyakit bulai berbahaya pada tanaman jagung yang berumur <3 minggu. Faktor-faktor yang mendukung berkembangnya penyakit bulai adalah: 1. Kondisi lingkungan yang lembab (musim hujan) 2. Tanah yang lembab atau basah (irigasi jelek) mendukung perkecambahan jamur Sclerospora maidis. 3. Pemupukan N yang berlebihan dan sifat fisik tanah yang liat mempermudah perkembangan penyakit bulai. Gejala tanaman jagung yang terserang penyakit bulai tergantung dari umur tanaman. Bagaimana gejala-gejalanya? Berikut adalah gejala-gejala yang sering muncul: 1. Tanaman jagung yang berumur 2-3 minggu mempunyai daun menguning, kaku dan meruncing. Tanaman jagung yang terserang pada umur ini tidak dapat lagi diharapkan hasinya. 2. Tanaman jagung yang berumur 3-5 minggu menunjukkan tanda-tanda daun yang baru muncul menguning, pertumbuhan lambat, tongkol hanya berbiji sedikit, produksi turun hingga 50%. 3.Tanaman jagung berumur 5 minggu, daunnya terdapat garis-garis kuning. Pada tahap ini tanaman jagung akan tetap berproduksi turun 30%. Pengendalian


Pengedalian yang utama adalah mengatur waktu tanam, sehingga pada awal musim hujan tanaman jagung telah berumur lebih dari 5 minggu. Dengan kondisi cuaca sekarang yang tidak menentu, saluran irigasi harus lancar.Perlakuan benih dengan fungisida yang mengandung belerang atau tembaga, agar konidia yang terbawa benih tidak berkembang.


===================================================================================





Penyakit karat

Disebabkan oleh cendawan Puccinia sorghi. Tanaman jagung yang terserang menunjukkan tanda bercak-bercak kuning kemerahan seperti warna karat besi. Akibat dari serangan penyakit karat, produksi tanaman jagung akan menurun.

Gejala yang ditimbulkan:

1. Penyakit karat daun muncul ketika tanaman akan berbunga
2. Bercak-bercak kuning kemerahan pada daun, dan kelobot jagung.

Faktor pendukung perkembangan penyakit bulai adalah kelembapan udara dan curah hujan yang tinggi. Pengendalian tanaman yang dapat dilakukan adalah membuang bagian tanaman yang terserang.


====================================================================================







Penyakit Gosong (smut)

Disebabkan oleh cendawan Ustilago maydis. Gejala tanaman yang terseramg penyakit gosong adalah warna hitam pada tongkol, batang atau daun jagung.

Faktor-faktor pendukung berkembangnya penyakit gosong adalah:

1. Curah hujan tinggi dan angin yang kencang
2. Pupuk Nitrogen yang berlebihan meningkatkan keparahan penyakit.

Pengendalian

Pengendalian yang dapat dilakukan adalah dengan memusnahkan bagian tanaman yang terserang, perlakuan benih dengan fungisida dan menanam varietas tanaman jagung yang resisten.


=================================================================================


Penyakit busuk tongkol


Disebabkan cendawan Fusarium verticillioides. Gejala yang terlihat tongkol jagung berwarna merah atau merah kecoklatan dan busuk. Pengendalian dilakukan dengan pergiliran tanaman, membakar bagian tanaman yang terserang dan menanam varietas yang tahan.

4 comments :

Unknown on Selasa, September 10, 2013 9:59:00 PM mengatakan...

kenapa pada penyakit jagung tidak memiliki gejala pada tumbuhan tersebut????

Anonim mengatakan...

maksdnya bagaimana?

Unknown on Senin, Maret 21, 2016 4:52:00 PM mengatakan...

ketika suatu tanaman jagung sudah terjangkit penyakit bulai. kira-kira bagaimana cara untuk mengendalikannya?

Annisa Ratu Aqilah on Selasa, Maret 29, 2016 3:50:00 PM mengatakan...

@terocilake : ketika gejalanya sudah parah, maka satu-satunya cara adalah melakukan eradikasi terutama jika musim masih penghujan dan tanaman jagung masih muda karena patogen pembawa penyakitnya akan mudah menyebar/ terimakasih

Posting Komentar

Ikuti Saya ^___^

visitors

 

My Blog List

Feedjit

PLANT HOSPITAL Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino