Kamis, 12 Maret 2015

PERBEDAAN SUB FAMILY MELOLONTHINAE DAN DYNASTINAE


 A. MELOLONTHINAE
 
Melolonthinae adalah salah satu subfamilia dari family Scarabaeidae. Subfamilia ini memiliki banyak sekali bermacam-macam grup dan tersebar di hampir semua belahan bumi. Tidak sama dengan anggota subfamily yang lain, habitat dari melolonthinae selalu tidak aneh. Kumbang ini menyerupai kumbang dai subfamilia Rutelinae dari bentuk fisik luarnya (Plesiomorphi) (www.glaphyridae.com)
 
Sama seperti anggota familia scarabaeidae yang lainnya, Melolonthinae jantan memiliki antenna yang ramping, sedangkan antenna pada Melolonthinae betina lebih kecil dan terkadang menonjol. Pada subfamilia ini, perbedaan jenis kelamin jantan dan betina dapat terlihat dengan jelas dan teliti. Banyak spesies pada subfamilia ini yang terlihat mencolok dengan adanya warna warni corak tubuh dan pola rambut yang tegas (Hurpin, 1962; Britton, 1978).  
 
Melolonthinae adalah salah satu contoh spesies serangga yang memiliki banyak jenis spesies kumbang fitopagus di garis keturunannya. Karakteristik khusus pada subfamilia ini salah satunya didasarkan pada bentuk dan karakter dari larva putih yang mencungkil dan memakan akar tanaman, rumput, palem, dan beberapa jenis tanaman yang lainnya. Banyak spesies yang dapat ditemui di hamparan rumput dan pepohonan (Hurpin, 1962; Britton, 1978).
 
Ciri khusus dari sub family Melolonthinae

1. Cakar/kuku bagian tengah dan belakang membelah atau bergigi (Gambar 2)

2. Dasar antenna dan mandibula tidak terlihat dari atas (Gambar 1)
 
 
B. DYNASTINAE
Anggota kumbang dari subfamilia Dynastinae terdiri dari beberapa kumbang yang sangat menarik dengan sebutan yang mengesankan, seperti kumbang Hercules, kumbang badak, dan kumbang gajah. Subfamilia ini merupakan grup serangga yang terbesar di bumi dengan karakteristik tanduk yang mengesankan (www.insect.about.com)

Beberapa spesies terkenal adalah, misalnya, kumbang atlas (Chalcosoma atlas), Xylotrupes ulysses, kumbang gajah (Elephas Megasoma), kumbang badak eropa (Oryctes nasicornis), kumbang hercules (Dynastes hercules),kumbang badak jepang atau kabutomushi (Allomyrina dichotoma), kumbang lembu (Strategus aloeus) dan kumbang unicorn (Dynastes Tityus)(www.wikipedia.com)Kumbang dari anggota subfamilia dynastinae memiliki bentuk tubuh yang cembung dan bundar (hampir sama dengan kumbang koksi tetapi lebih panjang). Ukuran tubuhnya besar, seperti pada kumbang Hercules Dynastes tityus yang memiliki ukuran panjang tubuh mencapai 2.5 inchi. Identifikasi dari subfamilia ini membutuhkan banyak pengetahuan di bidang morfologi serangga. Pada kumbang badak, labrum tersembunyi di bawah dan antenna biasanya terdiri dari 9-10 segment dengan 3 segment terakhir terkadang membentuk tonjoloan kecil (gambar 3) (www.insect.about.com)

Karakteristik morfologi dari subfamilia dynastinae hampir sama dengan subfamilia melolonthinae, namun terdapat perbedaan pada bentuk cakar/kuku dari tarsi bagian tengah dan belakang yang tidak membalah. Mandibula seringkali dapat terlihat dari atas dan serangga jantan seringkali memiliki tanduk di kepala dan atau di pronotumnya (gambar 4) (www.wikipedia.com)

0 comments :

Posting Komentar

Ikuti Saya ^___^

visitors

 

My Blog List

Feedjit

PLANT HOSPITAL Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino