Kamis, 16 Februari 2012

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PEPAYA



HAMA

  • Kutu tanaman (Aphid).
    • Ciri: badan halus panjang 2-3 mm berwarna hijau, kuning atau hitam. Memiliki sepasang tonjolan tabung pada bagian belakang perut, bersungut dan kaki panjang. Kutu dewasa, ada yang bersayap dan tidak. Merusak tanaman dengan cara menghisap cairan dengan pencucuk penghisap yang panjang di bagian mulut.
    • Pemberantasan: tungau tungau daun diberantas dengan penyemprotan tepung derris atau tepung belerang.
  • Lalat Buah
    • Hama tanaman pepaya Lalat buah biasanya menusuk  dengan alat mulut moncongnya menembus kulit buah kemudian meletakkan telurnya.Masa/ periode telur sekitar,1-20 hari . Lalat buah pepaya cepat berkembang biaknya dan bergerombol. Efek dari sengatan buahnya rontok, jika tidak rotok buahnya menjadi benjol benjol.
    • cara mengatasinyaBuat perangkap dengan botol plastik di rangsang menggunakan petrogenol, atau menaruh kapur barus di gantung di sekitar pepaya, fungsinya sebagai pengusir lalat buah membuat lalat buah tidak bernafsu makan.
  • Tungau merah / coklat/ ijo
    • Bentuk hama tungau  mirip laba-laba berukuran kecil kurang dari 1mm
    • Cara merusak :Hama tanaman pepaya ini menghisap daun pucuk tanaman dan tunas muda. Bagian yang diserang berubah warna bekas luka menjadi bintik titik kuning lalu menghitam dan tumbuh mengkerut tidak sehat. .
    • Cara mengatasi  : Jika terkena tungau merah pengendaliannya dengan tepung belerang dengan cara di hembuskan ke permukaan daun pepaya yang terserang. atau penyemprotan menggunakan akarisida (seperti kelthane  atau morestan). (baca aturan pakai dalam kemasan dan jangan memakai lebih dari dosis yang di anjurkan)




PENYAKIT

Penyakit yang sering merugikan tanaman pepaya adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur, virus mosaik, roboh semai, busuk buah,leher akar, pangkal batangdan nematoda.



Tanaman pepaya rentan terhadap air. kekurangan air atau kelebihan air bisa mati. Biasanya pada musim penghujan yang sering mengalami gangguan di atas muncul akibat hujan. banyaknya air yang ada dalam tanah mengakibatkan lembab. sehingga mempercepat kembang biak patogen baik jamur maupun bakteri. Juga mengakibatkan terganggunya keseimbangan pupuk tanaman pepaya dalam tanah.
Cara menanggulangi :
Pengaturan drainase yang baik. tidak boleh ada air yang menggenang.
Jika tanaman pepaya dalam keadaan sehat atau Lakukan penyemprotan  fungisida dan insektisida  bergantian secara teratur. bisa dilakukan setiap 7 hari sekali.
Jika  mengalami gejala terkena penyakit penyemprotan fungisida satu minggu 2 kali hingga sembuh, dan dilanjutkan berkala setiap 7 hari dan rutin. pakai cara MMCT
Pada musim penghujan biasanya ph tanah turun dan lembab lakukan pemupukan dolomit secukupnya. Efek doloit pada tanah lembab suhu di dalamnya bisa menjadi hangat.


  • Penyakit Mati Bujang
    • Penyaklit mati bujang diisebabkan oleh jamur Phytphthora parasitica, P. palmivora dan Pythium aphanidermatum. Menyerang buah dan batang pepaya.  
    • Cara pencegahan: perawatan kebun yang baik, menjaga kebersihan, dan drainase sedangkan penyakit busuk akar disebabkan oleh jamur Meloidogyne incognita. Nematoda. Apabila lahan telah ditanami pepaya, disarankan agar tidak menanam pepaya kembali, untuk mencegah timbulnya serangan nematoda. Tanaman yang terinfeksi oleh nematoda menyebabkan daun menguning, layu dan mati.


2 komentar:

Rizki Pradana on Jumat, Februari 17, 2012 12:35:00 AM mengatakan...

sekedar info nih,,ada hama baru di tanaman pepaya,,dari golongan kutu-kutuan: Famili Pseudococcidae, spesies: Paracoccus marginatus (buat info lengkapnya silahkan googling,hehe),,untuk penyakitnya kalau gak salah aa antraknosa juga,CMIIW..^_^

salam kenal,aku dari Proteksi Tanaman IPB..
kalau sudi mampir di blog aku juga ya sekalian di follow back "rizkipradana.blogspot.com"

Qolamul Hasna on Minggu, Februari 19, 2012 1:43:00 AM mengatakan...

terimakasih tambahan infonya :)
oke, insya Allah nanti saya googling dan akan ditambahkan :)

akan saya kujungi balik :)

Poskan Komentar

Ikuti Saya ^___^

visitors

 

AQILAH's PLANT HOSPITAL Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon blogger template for web hosting Flower Image by Dapino