Selasa, 01 Desember 2015

TEKNIK-TEKNIK PEMBUATAN RATU LEBAH


 

Lebah Ratu adalah komponen dasar yang penting untuk menentukan keselamatan suatu kolonilebah madu. Lebah madu adalah satu-satunya anggota koloni yang dapat memproduksi lebah madu betina sehingga dapat mempertahanakan keberadaan koloni. 

Lebah ratu dibesarkan oleh koloni secara natural. Meskipun demikian, peternak lebah dapat membuat lebah ratu secara manual dengan teknik tertentu. Akan tetapi, pembuatan ratu lebah harus dilakukan berdasarkan teknik dan langkah yang tepat dan terjadwal yang sesuai dengan perkembangan lebah ratu secara alami dalam sarang (Tabel 1). Pembuatan ratu lebah tidak dapat dilakukan dengan tergesa-gesa karena dapat mempengaruhi kualitas ratu lebah yang dihasilkan. 

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan pembuatan ratu lebah adalah pemilihan koloni. Pemilihan koloni dilakukan untuk mendapatkan ratu lebah yang berkualitas tinggi. Kualitas ratu lebah yang tinggi dapat dilihat dari kondisi koloni yang baik dalam beberapa indikator, yaitu :

a) Temperamen/reaksi koloni lebah saat sarang dibuka/terganggu

b) Tingkat toleransi terhadap parasit

c) Tingkat resistensi terhadap penyakit

d) Kecepatan pertumbuhan koloni

e) Tingkat kemampuan koloni menghasilkan madu

Salah satu teknik pembuatan ratu lebah adalah dengan Metode Hopkin. Metode Hopkin adalah metode memindahkan frame yang memiliki telur atau larva yang baru menetas dari hasil seleksi koloni sarang lebah. Frame ini kemudian digunakan untuk membuat koloni ratu lebah, akan tetapi, frame ini tidak digantung dalam posisi normal, melainkan diletakan secara horizontal di atas sarang. Ketika menyadari bahwa frame tidak memiliki calon ratu, lebah perawat kemudian segera memberikan makanan pada larva dengan royal jelly. Metode Hopkin merupakan metode yang sderhana dengan tanpa membutuhkan peralatan special. Metode ini dapat menghasilkan 20-30 ratu lebah,meskipun demikian, untuk mendapatkan kualitas ratu lebah yang lebih baik, tidak disarankan untuk lebih dari 20 ekor ratu lebah.

PROSEDUR PEMBUATAN RATU LEBAH

a) Pemilihan larva

Larva yang akan digunakan untuk dijadikan ratu lebah diambil dari sarang koloni yang telah terseleksi. Pindahkan papan yang berada di tengah sarang dan gantikan dengan papan kosong yang terbuat dari lilin/malam sebagai tempat bagi ratu untuk meletakkan telur dan tinggalkan selama 3-4 hari atau sampai papan buatan ini terisi dengan larva yang berumur kurang dari 3 hari. Pindahkanpapan berisilarva dari sarang dan bersihkan dari lebah yang menempel. Larva yang baru saja menetas dan poisi sedikit melengkung di dasar sel adalah larva yang paling tepat untuk dikembangkan menjadi ratu lebah (Gambar 5)


Pada beberapa teknik lain, larva yang diperoleh dari sarang dipindahkan ke sarang buatan yang didesain khusus untuk tempat perkembangbiakan ratu lebah. Tempat ini terbuat dari lilin /wax. Pemindahan larva dari sel asli ke sel ratu dapat dilakukan dengan menggunakan alat khusus (gambar 2). Dalam proses pemindahan larva, dapat dilakukan dengan bantuan lampu atau dengan menggunakan kaca pembesar untuk mempermudah pemilihan larva (Gambar 4) 


b) Peletakkan papan/sel calon ratu lebah

Pada metode Hopkin, papan berisi larva diletakkan secara horizontal di atas papan lain dalam sarang (gambar kiri). Sedangkan pada metode menggunakan papa sel ratu buatan, papan diletakkan secara normal (gambar kanan)


Setelah peletakkan larva pada sarang, selanjutnya sarang dikunci untuk proses perkembangan larva menjadi ratu lebah. Pada saat pupa berkembang dan calon ratu lebah baru hamper menetas, ratu lebah yang berada pada sarang dipndahkan agar tidak terjadi perebutan posisi ratu. Secara lengkapnya, langkap pembuatan ratu dapat dilihat pada gambar.



REFERENSI :

Hamdan, Khalil. Raising Honey Bee Queens. The Netherlands

Johnstone, Mark. 2008. Rearing Queen Bees. Primefact 828. NSW Department of Primary Industries

Laidlaw. Contemporary Queen Rearing. Dadant and Sons Publisher

Morse.1997. Rearing Queen Honey Bees.Wicwas Press. New York

Wade, Alan. 2014. Queen Rearing and Use of Queens. (http://www.dpi.nsw.gov.au/aboutus/resources/factsheets).

Zawislak, Jon., Burns, David. Raising Quality Queen Bees.Universiy of Arkansas.



0 comments :

Posting Komentar

Ikuti Saya ^___^

visitors

 

My Blog List

Feedjit

PLANT HOSPITAL Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino